Halaman

"The king's house has three hundreds and thirty pillars as thick as a wine cask, and five fathoms high, and beautiful timberwork on the top of the pillars, and a very welll built house. The city is two day's journey from the chief port , which is called Calapa".(Tom Pires, 1513)

Sabtu, 24 Desember 2011

Kerajaan Salakanagara.


Tidak bisa dipungkiri bahwa berdirinya kerajaan Sunda pada awalnya tidak luput dari campur tangan orang orang dari lingkaran istana kerajaan India. Setidaknya bisa terlihat dari kelahiran kerajaan Salakanagara dan Tarumanagara. Dewawarman I, raja pertama Salakanagara adalah pemimpin sebuah ekspedisi dari kerajaan Pallawa. Sedangkan Jayasingawarman adalah maharesi Calankayana yang mengungsi karena negaranya takluk pada kerajaan Magada. Satu orang pemimpin ekspedisi, yang lainnya Maharesi yang kalah perang.

Namun di tatar Sunda Keduanya mempunyai karir yang bagus, bahkan memelopori pendirian kerajaan pertama di Nusantara. Keturunan mereka menjadi raja raja besar di Nusantara, termasuk Raden Wijaya yang mendirikan Majapahit, dan Adityawarman, raja Sriwijaya.

Selama kekuasaan dinasti Dewawarman, banyak peristiwa menarik terjadi. Yang pertama, tentu saja tradisi mewariskan tahta secara turun temurun dimulai, sesuatu yang tidak terjadi sebelumnya. Dominasi trah India sangat terlihat jelas. Raja Dewawarman III adalah murni India. Bernama asli Singasagara Bhimayasawirya, dia adalah cucu Dewawarman I dari ibu India.

Untuk pertama kalinya wanita tampil memimpin negara, walaupun sifatnya darurat dan sementara. Mahisa Suramardini Warmandewi, memimpin karena sang suami, Dewawarman V gugur menghadapi perompak. Dan Spatikarnawa Warmandewi  tampil karena Dewawarman VII tidak punya anak lelaki.

Perebutan kekuasaan sempat terjadi ketika Dewawarman VII wafat. Krodamaruta, merebut kekuasaan ketika hari berkabung Dewawarman VII belum usai. Bersama pasukan bersenjata lengkap yang langsung datang dari India, dia mengklaim sebagai raja baru. Anak keempat Dewawarman VI, dengan jabatan menteri di kerajaan Calankayana, India, dia merasa berhak mewarisi tahta berhubung raja terakhir tak punya anak lelaki. Usia kekuasaannya hanya  tiga bulan karena tewas dalam kecelakaan.

Pada masa Dewawarman VIII, negara memasuki era keemasan. Sayang pada era Dewawarman IX, pamor Salakanagara benar benar redup. Dia hanya menjadi negara bagian Tarumanegara. 

Era Tarumanegara dimulai.....


Tahun berkuasaNama rajaJulukanKeterangan
130-168 MDewawarman IPrabu Darmalokapala Aji Raksa Gapura SagaraPedagang asal Bharata (India)
168-195 MDewawarman IIPrabu Digwijayakasa DewawarmanputraPutera tertua Dewawarman I
195-238 MDewawarman IIIPrabu Singasagara BimayasawiryaPutera Dewawarman II
238-252 MDewawarman IVMenantu Dewawarman II, Raja Ujung Kulon
252-276 MDewawarman VMenantu Dewawarman IV
276-289 MMahisa Suramardini WarmandewiPuteri tertua Dewawarman IV & isteri Dewawarman V, karena Dewawarman V gugur melawan bajak laut
289-308 MDewawarman VISang Mokteng SamuderaPutera tertua Dewawarman V
308-340 MDewawarman VIIPrabu Bima Digwijaya SatyaganapatiPutera tertua Dewawarman VI
340-348 MSphatikarnawa WarmandewiPuteri sulung Dewawarman VII
348-362 MDewawarman VIIIPrabu Darmawirya DewawarmanCucu Dewawarman VI yang menikahi Sphatikarnawa, raja terakhir Salakanagara
Mulai 362 MDewawarman IXSalakanagara telah menjadi kerajaan bawahan Tarumanagara
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Salakanagara
gambar : https://mozaikminang.wordpress.com



9 komentar:

  1. nah berarti kerajaan sunda itu diawali dari tahun130 gan bukan 600..
    dan bukan keturunan india
    india masuk sekitar tahun 400 untuk berdagang diawali dengan nikahnya anak dari aki tirem
    dan pada tahun 130 itu cina udah menjalin perdagangan terlebih dahulu gan dengan adanya keturunan cina yaitu raja ye-tiau yang manggil raja kita dengan sebutan raja pien. merak itu disebut kota perak atau kota perajin dekat gunung salak letaknya yang memungkinkan bahwa pada tahun itu perdagangan dari asia tengah sudah menjalir gan, untuk lebih dalamnya mungkin itu jaman pra sejarah dan belum ada bukti kalo nyangkutin dengan g padang kan terlalu jauh, jadi ga bisa disimpulkan sunda keturunan india. sorry gan

    BalasHapus
  2. Ini yang saya tulis:
    Dari mana asal muasal berdirinya Kerajaan Sunda ?
    Mungkin diawali dengan gelombang migrasi penduduk dari Negeri Yawana, India, ke Nusantara pada tahun 6000 SM. Alasan migrasi? Sama seperti menjawab alasan bangsa modern Eropa bermigrasi ke Amerika dan Australia. Sama seperti nenek moyang manusia, Adam melepaskan kenyamanan surga dan bermigrasi ke bumi. Sepanjang sejarah hidupnya, manusia merindukan travelling.

    6000 tahun sebelum masehi Pak Ir Gordon Wijaya. Dan itupun ternyata mereka juga pendatang, karena sudah ada penduduk asli di sini, dibuktikan dengan situs Gunung Padang yang berumur lebih tua ( 8000 - 10.0000 SM).

    BalasHapus
  3. aneh banget.. kalau memang para leluhur, raja dan bangsawan sunda dahulu kala adalah orang india, mengapa sekarang diantara orang-orang sunda, jawa barat dan banten tidak ada yang muka nya mirip2 keturunan india.

    BalasHapus
  4. Warman tu nama pemerintah sriwijaya.. itu melayu bukan india.. wangsakerta pun ada olahan abad ke 17.. cuba baca sejarah melayu yg lain .. dr indochina hingga ke indonesia.. pernah kamu jumpa prasasti bhasa tamil? Bhasa hindi? Prasasti lama kebykkan dlm bahasa melayu kuno..

    BalasHapus
  5. Rase macam ngak kena sejarah dewawarman dr india.. warman nama warisan raja2 melayu..

    BalasHapus

Entri Populer